Asad Bali Blog | Persinas Asad Bali Blog | Pesilat Asad | Kembangan Tepak 3 | Persinas ASAD

Persinas Asad Bali Blogger | catatan Persinas Asad Bali Blogger

Gambar
Persinas Asad Bali Blogger | catatan blog Persinas Asad Bali Oke sahabat Persinas Asad Bali blogger, Alhamdulillah di blog Persinas asad bali blog ini akan kita posting sedikit catatan buat sahabat persinas asad bali blogger. Alhamdulillah ternyata tak terasa blog Persinas Asad Bali ini sudah di buat bertahun tahun yang lalu, insyaAlloh tepatnya tahun November 2005 yang lalu, adapun tanggal launcing blog persinas Asad bali ini dilupakan, maklum sahabat blog persinas asad bali yang saya hormati karena kesibukan admin blog persinas asad ini dan beberapa saat yang baru ketemu pass dan user blog ini, maklum lumayan lama lenyap nya, sehingga postingan kontent yang ada di blog persinas asad kalau di bilang memang sudah ketinggal jauh dengan pesatnya perkembangan dari persinas asad itu sendiri. Awalnya blog Persinas Asad Bali ini memang dibuat sebagai ajang silaturochim info info perkembabgab dengan sahabat persinas asad yang berada di seantero jagat ini,   ataupun dengan adanya blog persinas

SEJARAH PENCAK SILAT | By blog Persinas Asad Bali | Pencak Silat Persinas ASAD blogger

Sejarah Pencak Silat, sejarah perguruan silat nasional asad, sejarah pencak di indonesia, | By : Persinas Asad Bali | Pencak Silat Persinas ASAD blogger

Baiklah sahabat blog Persinas ASAD Bali, untuk menambah wawasan dan pengetahuan kali ini, di blog Persinas ASAD Bali akan kita posting sedikit Sejarah Pencak Silat.

Tentunya dengan adanya postingan ini mudah mudahan akan bisa bermanfaat dan sebagai bahan menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai sejarah Pencak silat.

Adapun konten sejarah pencak silat ini di kutip dari web asad,or,id ok sahabat blog persinas ASAD Bali kita lanjutkan postingan sejarah pencak silat tersebut.

sejarah pencak silat memang saat ini sudah banyak di posting di internet, bahkan sejarah pencak silat di dunia pun sudah banyak di posting di website yang ada di media internet kali ini.
bahkan di website yang menjelaskan dengan jelas seperti penjelasan sejarah pencak silat di dunia brainly,  

Sejarah singkat pencak silat di dunia bisa di dapatkan dengan mudah di website dan sejarah perkembangan pencak silat di dunia juga sudah banyak diposting di website, bahkan ada yang membuat makalah kusus tentang tersebut dengan makalah sejarah pencak silat di dunia tersebut, 

sehingga kita bisa mengetahui Sejarah pencak silat di dunia dan indonesia, sehinggajelas sejarah pencak silat di indonesia dan dunia sangat mudah kita ketahui di internet, sejarah perkembangan pencak silat di dunia sehingga perkembangan di indonesia pun tidak luput dari berbagai artikel yang di tulis di media website kali ini.

sejarah perkembangan pencak silat di indonesia sehingga perkembangan di dunia sangat jelas dan akan membuat wawasan kita tentang sejarah pencak silat itu sendiri.

sejarah pencak silat di indonesia kali ini di warnai dengan berbagai sumber sejarah yang menyebutkan dan menulis artikelnya di wekipedia, sejarah pencak silat di indonesia singkat bahkan lengkap bisa di dapatkan.

sejarah pencak silat di indonesia dan dunia saat ini mengikuti perkembangan trand olah raga saat ini.
sejarah pencak silat di indonesia dan perkembangan di dunia international sangatlah mempengaruhi dunia bisnis juga. 
sejarah pencak silat di indonesia dan perkembangannya di dunia international juga bisa mempengaruhi fasion di dunia bisnis.

sehingga dengan demikian kita bisa mempelajari sejarah pencak silat di indonesia dan teknik dasar yang terdapat dalam beladiri pencak silat itu sendiri, sehingga bisa mengetahui berbagai macam gerakan silat yang terkandung di dalamnya.

bahkan ada yang membukukan sejarah pencak silat di indonesia dengan membuat sejarah pencak silat di indonesia pdf.

okelah sahabat blog persinas asad bali, kita bisa mendapatkan informasi asal mula sejarah pencak silat di indonesia di internet. dan begitu pula sejarah perkembangan pencak silat di indonesia, bahkan bisa mengetahui dengan jelas sejarah pencak silat yang ada di indonesia ini seperti :sejarah pencak silat perisai diri, sejarah pencak silat persinas asad, bahkan dengan adanya media internet kita bisa melihat sejarah pencak silat terumbu secara singkat

dan biasanya sejarah pencak silat singkat bisa dengan mudah di dapatkan, sejarah pencak silat singkat brainly juga menjelaskan nya di situs tersebut. 

sejarah pencak silat singkat padat dan jelas dan di jelaskan sejarah pencak silat secara singkat sehingga kita akan mudah mengetahui sejarah singkat pencak silat itu sendiri dan tentunya kita juga akan mengetahu sejarah singkat pencak silat di dunia dan tentunya sejarah singkat pencak silat di indonesia dan dunia kita butuhkan untuk wawasan kita dalam mewujudkan kita mencintai warisan Leluhur dan warisan budaya Nusantara Pencak Silat ini

Silat diperkirakan menyebar di kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi, 

akan tetapi asal mulanya belum dapat dipastikan. Asal mula ilmu bela diri di nusantara ini dimungkinan berkembang dari keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam berburu dan berperang dengan menggunakan parang, perisai, dan tombak,[rujukan?] misalnya seperti dalam tradisi suku Nias yang hingga abad ke-20 relatif tidak tersentuh pengaruh luar.

Tradisi silat diturunkan secara lisan dan menyebar dari mulut ke mulut, diajarkan dari guru ke murid, sehingga catatan tertulis mengenai asal mula silat sulit ditemukan. Sejarah silat dikisahkan melalui legenda yang beragam dari satu daerah ke daerah lain. Legenda Minangkabau, silat (bahasa Minangkabau: silek) diciptakan oleh Datuk Suri Diraja dari Pariangan, Tanah Datar di kaki Gunung Marapi pada abad ke-11. Kemudian silek dibawa dan dikembangkan oleh para perantau Minang ke seluruh Asia Tenggara. Demikian pula cerita rakyat mengenai asal mula silat aliran Cimande, yang mengisahkan seorang perempuan yang mencontoh gerakan pertarungan antara harimau dan monyet. Setiap daerah umumnya memiliki tokoh persilatan (pendekar) yang dibanggakan, misalnya Si Pitung, Hang Tuah dan Gajah Mada.

Peneliti silat Donald F. Draeger berpendapat bahwa bukti adanya seni bela diri bisa dilihat dari berbagai artefak senjata yang ditemukan dari masa klasik (Hindu-Budha) serta pada pahatan relief-relief yang berisikan sikap-sikap kuda-kuda silat di candi Prambanan dan Borobudur. Dalam bukunya, Draeger menuliskan bahwa senjata dan seni beladiri silat adalah tak terpisahkan, bukan hanya dalam olah tubuh saja, melainkan juga pada hubungan spiritual yang terkait erat dengan kebudayaan Indonesia.

Sementara itu Sheikh Shamsuddin (2005) berpendapat bahwa terdapat pengaruh ilmu beladiri dari Cina dan India dalam silat. Hal ini karena sejak awal kebudayaan Melayu telah mendapat pengaruh dari kebudayaan yang dibawa oleh pedagang maupun perantau dari India, Cina, dan mancanegara lainnya. Perkembangan silat secara historis mulai tercatat ketika penyebarannya banyak dipengaruhi oleh kaum penyebar agama pada abad ke-14 di nusantara. Kala itu pencak silat diajarkan bersama-sama dengan pelajaran agama di surau atau pesantren. Silat menjadi bagian dari latihan spiritual. Silat lalu berkembang dari ilmu beladiri dan seni tari rakyat, menjadi bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah asing.

Silat saat ini telah diakui sebagai budaya suku Melayu dalam pengertian yang luas, yaitu para penduduk daerah pesisir pulau Sumatera dan Semenanjung Malaka, serta berbagai kelompok etnik lainnya yang menggunakan lingua franca bahasa Melayu di berbagai daerah di Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan pulau-pulau lain-lainnya yang juga mengembangkan beladiri ini. Beberapa organisasi silat nasional antara lain adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Indonesia, Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (PESAKA) di Malaysia, Persekutuan Silat Singapore (PERSIS) di Singapura, dan Persekutuan Silat Brunei Darussalam (PERSIB) di Brunei. Telah tumbuh pula puluhan perguruan-perguruan silat di Amerika Serikat dan Eropa. Silat kini telah secara resmi masuk sebagai cabang olah raga dalam pertandingan internasional, khususnya dipertandingkan dalam SEA Games.

di kutib dari berbagai sumber website yang ada di internet

PENCAK SILAT BETAWI.

Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri yang berasal dari Asia Tenggara. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran suku bangsa Melayu nusantara. Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, saat ini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh.
Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

di kutip dari berbgai sumber yang ada di internet.
__________________
Sumber : asad,or.id
terima kasih sahabat blog Persinas ASAD Bali
anda telah mengunjungi blog "Persinas ASAD Bali"
Melalui blog Persinas Asad Bali kita wujudkan warisan budaya pencak silat ini dengan melakukan serangkaian, informasi, motifasi, dukungan, semangat, untuk terus dalam meningkatkan serta menjaga kelestarian budaya asli anak negeri, Pencak Silat.
Dengan adanya blog Persinas ASAD Bali, semoga warisan budaya asli Indonesia ini bisa lestari dan barokah sampai akhir jaman.

Persinas Asad Bali "Ampuh Sehat Aman Damai"
Matur Suksma

Postingan populer dari blog ini

Rumus Tapak 3 | Rumus Kembangan Tepak 3 | Blog Persinas ASAD Bali | Pencak Silat Persinas ASAD blogger

Tapak3 | Kembangan Asad Tepak Tiga / Tapak Tiga / Tepak Tilu / Tapak Tilu | Blog Persinas ASAD Bali | Pencak Silat Persinas ASAD blogger

ASAD | SKT PB PERSINAS ASAD | By : Persinas Asad Bali | Pencak Silat Persinas ASAD blogger